> Gugus Sekolah Ki Gede Mayung: PERAN GUGUS SEKOLAH MENUJU PROFESIONALISME GURU

PERAN GUGUS SEKOLAH MENUJU PROFESIONALISME GURU

Hj. JAYIM, S.Pd.
KETUA GUGUS KI GEDE MAYUNG

Gugus Sekolah merupakan sebuah wadah pengembangan profesional guru secara istiqomah, hal ini sangat urgen bagi hasil sebuah pembelajaran , karena pendidikan berkembang terus menerus seiring dengan kemajuan pemikiran manusia dalam membekali hidupnya kelak dewasa.
Upaya pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia telah dimuai sejak lama. Secara kuantitatif hasilnya dari lulusan  ( out put ) di semua tingkatan pendidikan lembaga pendidikan . Bertambahnya jumlah dan jenis sarana pendidikan , banyak tenaga guru , tenaga kependidikan yang telah banyak mengikuti pelatihan, sebagai wujud pengembangan diri .
Pembukaan UUD 1945 telah mengamatkan kepada seluruh lapisan rakyat bahwa tujuan negara adalah memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan , perdamaian abadi dan keadilan sosial.
 Dari amanat tersebut di atas, dewasa ini kekuatan-kekuatan yang sedang mempengaruhi sekolah-sekolah sedang mempercepat tingkat perluasan tanggung jawabnya dan membuat operasi lebih rumit . Unit-unit operasi yang lebih besar, serta hubungan –hubungan yang lebih dekat dan langsung dengan lembaga – lembaga sosial membuat ketrampilan administratif serta supervisi teknologi kurikulum yang handal menjadi suatu keharusan .
Dalam menghadapai tantangan ini pembaharuan sistem pendidikan lebih-lebih memerlukan ide, ketrampilan, keberanian, kemauan untuk berubah. Sangat diperlukan orang-orang yang berwibawa dan cakap . Yaitu orang yang memiliki kemampuan untuk memperlihatkan perilaku yang memungkinkan mereka menjalankan tugas administratif serta supervisi dengan cara yang paling diinginkan .
Suatu sistem administrasi sekolah yang efesian memerlukan berbagai tenaga ahli dalam jumlah dengan mutu yang memadai keperluan di luar tenaga guru. Dalam hal ini harus mempunyai pemimpin dan arah , kordinasi dan supervisi , evaluasi dan penilaian yang tiada hentinya yang bertanggung jawab tentang pelaksanaan pendidikan sekolah .
Yang menjadi perhatian di sini  bukanlah nilai-nilai moral para administrator pendidikan, pengabdian mereka pada pekerjaannya, atau kesediaan mereka untuk bekerja keras, yang dipermasalahkan dalam menuju peningkatan mutu pendidikan, antara lain :
1.    Tidak ada usaha pembaharuan dan pengembangan pendidikan dari semua sistem menunjang keseriusan keberhasilan pendidikan;
2.    Ketidakseriusan untuk memiliki orientasi yang baik sebagai pemimpin ; dan
Kurang memiliki konsep dan alat nilai yang memadai untuk mengetahui apa yang sedang terjadi dalam sistem itu sendiri, maupun hubungan dengan lingkungannya, untuk membuat pilihan dan merancang  hari depannya.
Keberadaan Gugus – Gugus Sekolah sangatlah penting untuk menuju ke arah tersebut , agar pencapaian target 8 delapan Standar Pendidikan minimalnya makin memenuhi pada tiap lembaga pendidikan , semoga.
Admin.

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di Bllog kami , ditunggu komentar ya , terima kasih