Hj. JAYIM, S.Pd. KETUA GUGUS KI GEDE MAYUNG |
Gugus
Sekolah merupakan sebuah wadah pengembangan profesional guru secara istiqomah,
hal ini sangat urgen bagi hasil sebuah pembelajaran , karena pendidikan
berkembang terus menerus seiring dengan kemajuan pemikiran manusia dalam
membekali hidupnya kelak dewasa.
Upaya
pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia telah dimuai sejak
lama. Secara kuantitatif hasilnya dari lulusan
( out put ) di semua tingkatan pendidikan lembaga pendidikan .
Bertambahnya jumlah dan jenis sarana pendidikan , banyak tenaga guru , tenaga
kependidikan yang telah banyak mengikuti pelatihan, sebagai wujud pengembangan
diri .
Pembukaan
UUD 1945 telah mengamatkan kepada seluruh lapisan rakyat bahwa tujuan negara
adalah memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut
melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan , perdamaian abadi dan
keadilan sosial.
Dari amanat tersebut di atas, dewasa ini
kekuatan-kekuatan yang sedang mempengaruhi sekolah-sekolah sedang mempercepat tingkat
perluasan tanggung jawabnya dan membuat operasi lebih rumit . Unit-unit operasi
yang lebih besar, serta hubungan –hubungan yang lebih dekat dan langsung dengan
lembaga – lembaga sosial membuat ketrampilan administratif serta supervisi
teknologi kurikulum yang handal menjadi suatu keharusan .
Dalam
menghadapai tantangan ini pembaharuan sistem pendidikan lebih-lebih memerlukan
ide, ketrampilan, keberanian, kemauan untuk berubah. Sangat diperlukan
orang-orang yang berwibawa dan cakap . Yaitu orang yang memiliki kemampuan
untuk memperlihatkan perilaku yang memungkinkan mereka menjalankan tugas administratif
serta supervisi dengan cara yang paling diinginkan .
Suatu
sistem administrasi sekolah yang efesian memerlukan berbagai tenaga ahli dalam
jumlah dengan mutu yang memadai keperluan di luar tenaga guru. Dalam hal ini
harus mempunyai pemimpin dan arah , kordinasi dan supervisi , evaluasi dan
penilaian yang tiada hentinya yang bertanggung jawab tentang pelaksanaan
pendidikan sekolah .
Yang
menjadi perhatian di sini bukanlah
nilai-nilai moral para administrator pendidikan, pengabdian mereka pada pekerjaannya,
atau kesediaan mereka untuk bekerja keras, yang dipermasalahkan dalam menuju
peningkatan mutu pendidikan, antara lain :
1. Tidak ada usaha pembaharuan dan pengembangan pendidikan
dari semua sistem menunjang keseriusan keberhasilan pendidikan;
2. Ketidakseriusan untuk memiliki orientasi yang baik
sebagai pemimpin ; dan
Kurang
memiliki konsep dan alat nilai yang memadai untuk mengetahui apa yang sedang
terjadi dalam sistem itu sendiri, maupun hubungan dengan lingkungannya, untuk
membuat pilihan dan merancang hari
depannya.
Keberadaan
Gugus – Gugus Sekolah sangatlah penting untuk menuju ke arah tersebut , agar
pencapaian target 8 delapan Standar Pendidikan minimalnya makin memenuhi pada
tiap lembaga pendidikan , semoga.
Admin.
No comments:
Post a Comment
Selamat datang di Bllog kami , ditunggu komentar ya , terima kasih